Pengantar teknologi internet dan new media


Kali ini ane akan membahas tentang new media yang lagi ngehitz dan lagi booming banget di dunia ini. Kira-kira apa si news media itu ? Media menurut bahasa berarti perantara. Nah lalu kalau pengertian news media apa ? jika diartikan maka news media adalah “perantara baru”. Jadi new media ini adalah perantara-perantara baru yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Istilah atau kata New Media sendiri sebenarnya baru muncul di akhir abad ke-20.

            New Media sangatlah prnting dalam kehidupan di era globalisasi ini, semua informasi dapat di akses melalui new media ini. Bagi sebagian orang new media adalah komponen yang sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari, karena begitu banyak nya informasi yang dapat diakses disetiap jam, menit, bahkan deti dengan sangat mudahnya. 

Dibawah ini ada bebearapa contoh new media yang sangat booming dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia di dunia ini, diantara nya adalah :

* Facebook


      Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia. Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh.

      Pada awalnya Facebook hanya diperuntukan khusus untuk Mahasiswa/Mahasiswi diHarvard sehingga hanya pengguna dengan alamat email Harvard yang bisa bergabung dengan jaringan Facebook.  Melihat perkembangan Facebook yang sangat pesat, investor mulai berani menginvestasikan uangnya pada proyek yang dianggap mempunyai masa depan yang cerah ini, pada akhir tahun 2004 akhirnyaMark Zuckerberg bersama dengan teman-temannya pindah dari Harvard setelah mendapatkan investasi dari Peter Thiel senilai $500.000, beberapa bulan berikutnya Facebook kembali mendapatkan investasi sebesar $12.700.000 dariAccel dan $27.500.000 dari Geylock yang membuat nilai perusahaan menjadi $40.000.000.

      Awalnya facebook telah ditwar oleh yahoo dan Mark Zuckerbergpun menolak tawaran dari yahoo yang akan membeli Facebook dengan nilai $1.000.000, keputusan ini oleh sebagian kalangan dianggap keputusan yang gila karena menolak menjualnya dengan harga yang sangat tinggi, ternyata keputusan ini adalah keputusan paling pintar karena ternyata nilai Facebook jauh lebih tinggi daripada tawaran yahoo, pada tanggal 24 oktober 2007, Microsoft melakukan pembelian 1.6% saham Facebook dengan nilai $240 juta yang membuat nilai perusahaanFacebook menjadi $15 miliar.

      Facebook ini pun banyak dimanfaatkan oleh para penggunanya bukan untuk berinteraksi dengan orang lain saja, namun juga sebagaian besar perusahan mempromosikan produk atau jasa-jasanya. Facebook ini didirikan oleh seorang pemuda yang bernama Mark Zuckerburg yang berasaal dari Amerika Serikat. Dia adalah pemuda terkaya di dunia saat ini karna pendapatannya yang sangat luar biasa dengan begitu banyak nya akun facebook yang telah terdaftarsebagai pengguna tetap faceebok.

Source : http://www.yudhe.com/sejarah-facebook-yang-dirancang-oleh-mark-zuckerberg/

* Twitter 


      Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

      Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif.  Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.

      Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.
        Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.
* Youtube


            Youtube adalah media sarana untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. Youtube ini adalah anak perusahaan dari Google  untuk memnampung video-video yang dapat dishare oleh siapa saja dan dimana saja, bakan youtube ini dimanfaatkan pula oleh para perusahaan unutk mempromosikan produk iklann ya agar konsumen dapat membeli produk maupun memakai jasa-jasanya. Sejak memulai kiprahnya pada tahun 2005, kini YouTube telah berkembang menjadi situs berbagi video paling terkenal dana nomor 1 di dunia serta berpenghasilan lebih dari 1 miliar dollar per tahunnya.

            Februari 2005, tiga orang mantan pegawai Paypal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim menciptakan sebuah situs dimana para penggunanya bisa mengunggah, melihat, dan berbagi video yang kemudian memberinya nama YouTube dan mendaftarkan domainnya yang beralamat di youtube.com pada 14 Februari 2005.

            Seperti kebanyakan startup lainnya, YouTube memulai proyeknya dengan biaya dari angel-investor (sebutan untuk investor informal perorangan yang sering menginvestasikan uangnya ke perusahaan/startup baru) dan memulai karirnya dari garasi. Butuh waktu 3 bulan bagi mereka untuk merampungkan YouTube hingga akhirnya YouTube diperkenalkan ke publik pada bulan Mei 2005.

            Pada awal-awal karirnya, YouTube memiliki kantor yang terbilang sangat kecil yang teletak di lantai dua sebuah ruangan yang berada persis diantara dua restoran, yakni restoran Pizzera dan Japanese Cuisine. Pintu masuknya pun adalah pintu kecil yang diapit oleh kedua restoran tersebut. YouTube berkantor di tempat ini sampai Oktober 2006. Video pertama yang diunggah ke YouTube adalah video berjudul Me at the Zoo oleh Jawed Karim (salah satu pendiri YouTube) pada 23 April 2005. Video berdurasi 19 detik tersebut direkam oleh Yakov Lapitsky, pegawai awal YouTube di kebun binatang San Diego Zoo, California, Amerika Serikat (AS).
          6 bulan sejak dirilis ke publik, YouTube kemudian memperoleh suntikan dana dari 3,5 juta dolar dari Sequoia Capital. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan tambahan 8 juta dolar dari Sequoia and Artis Capital pada April 2006. Semenjak itu YouTube berkembang sangat pesat dan didaulat sebagai salah satu website yang paling cepat berkembang di dunia. Bahkan saat itu YouTube berada di peringkat 5 situs teramai di dunia versi Alexa, mengalahkan MySpace yang sudah berdiri jauh sebelum YouTube.

            Tidak lama berselang, akhirnya YouTube diambil-alih oleh Google dengan nilai yang sangat fantastis yakni 1,65 miliar dolar pada 9 Oktober 2006. Di tangan Google pula lah YouTube akhirnya semakin melejit hingga seperti sekarang.

Source : http://teknopluslite.blogspot.co.id/2012/05/sejarah-awal-berdirinya-youtube.html


*  Detik.com


            Detik.com adalah perusahan lokal yang didirikan oleh 4 orang, mereka adalah Budiono Darsono (Eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (Eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (Eks wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Dari keempat pendiri Detik tersebut, Budiona Darsono lah yang pertama sekali mencetuskan ide untuk membuat media berita online dengan berita yang selalu up to date. Sesuai dengan slogan mereka “Kenapa tunggu besok kalau detik ini juga anda sudah tahu informasi?”

            Setelah Detik.com diakuisisi oleh CT. Corp pada tahun 2011 yang lalu sebesar Rp 540 Milliar, Detik.com mengalami banyak perubahan, termasuk jajaran direksinya. Saat ini Budiono Darsono menjabat sebagai Direktur Utama Detik.com sekaligus menjadi Dewan Redaksi.
Source : https://www.maxmanroe.com/budiona-darsono-pendiri-detik-com-media-online-terbesar-di-indonesia.html.


*  Kaskus


        KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya  Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan. 

             Di tahun 2006 KASKUS terpaksa berubah domain dari .com menjadi .us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk KASKUS. Sejak saat itulah alamat situs KASKUS berubah menjadi kaskus.us, yang juga sekaligus mengartikan bahwa KASKUS adalah us atau kita. Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel & infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini. Di Indonesia, kantor KASKUS pertama berlokasi di daerah Mangga Besar, yang dibantu dengan 2 orang tenaga profesional. Dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia, langkah pertama yang dilakukan KASKUS adalah melakukan rebranding. Mematuhi UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang berlaku dan mendorong perilaku berinternet sehat, KASKUS mengambil langkah serius untuk menutup dua forum kontroversial yaitu BB17 (Buka-Bukaan 17 Tahun) dan Fight Club. Langkah tersebut diapresiasi baik oleh pengguna internet Indonesia, hal ini ditandai dengan meningkat pesatnya member KASKUS hingga 300% dengan jumlah member sebanyak 1,2 juta. Di tahun 2009, untuk mengimbangi kebutuhan akan hal ini, maka kantor KASKUS pindah ke daerah Melawai. Disini tenaga profesional KASKUS bertambah hingga lebih dari 60 orang. 

               Sejak tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS menerima banyak penghargaan diantaranya “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa. Tahun 2011 KASKUS memulai kemitraannya dengan Global Digital Prima, sebuah perusahaan Indonesia yang berfokus untuk mengembangkan industri digital dan konten lokal Indonesia. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan KASKUS yang lebih besar lagi, baik dari sisi infrastuktur, tenaga profesional & jaringan bisnisnya dalam usaha menjadi situs nomor 1 di Indonesia serta pemain global online di dunia. Mengimbangi ekspansi, KASKUS pun memindahkan kantor utamanya ke Menara Palma di daerah Kuningan dan menamakannya KASKUS Playground. Sebagai perusahaan yang besar karena penggunanya, KASKUS selalu berusaha untuk terus meningkatkan kenyamanan Kaskuser. Tanggal 26 Mei 2012 menjadi saksi perjalanan KASKUS dimana KASKUS kembali menggunakan alamat situs resmi kaskus.com dan kaskus.co.id, ini dilakukan untuk kembali memperkuat citra KASKUS sebagai situs yang bervisi global namun tetap memiliki identitas Indonesia. Di tahun 2012 KASKUS juga meluncurkan versi baru KASKUS 2.0 dimana terjadi penyempurnaan pada tampilan, navigasi, fitur search, layanan Forum Jual Beli (FJB), serta menambah server untuk mengakomodir kebutuhan member KASKUS yang telah mencapai lebih dari 4,5 juta member. 




            Itu lah beberapa new media yang sangat populer di dunia saat ini dan menjadi sebuah perusahaan yang mampu membuat kehidupan manusia di dunia ini berubah seketika. Semoga bermanfaat :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

company profile

Manfaat Facebook bagi kalangan pelajar