company profile

Nama Perusahaan
PT. CAB Intertech

Bidang Usaha
Software Development For Service Engine

Lokasi Usaha
Menara Margonda
Jl. Margonda Raya 100, Depok West Java, Indonesia (16424)
Telp     : (021) 78881112 ext. 234
Fax      : (021) 78881112
eMail   : cab.co.id

Latar Belakang
PT. CAB Intertech (Car And Bike Intertech) dibentuk dengan beranggotakan team yang bersertifikat, berpengalaman dan profesional. CAB Intertech merupakan perusahaan berbentuk PT (Perseroan Terbatas) karena termasuk ke dalam perusahaan skala besar yang mempunyai karyawan aktif berjumlah 100 orang, adapun alasan pemilihan PT dibandingkan dengan CV adalah PT. CAB Intertech menggunakan konsep penanaman saham oleh para investor sebagai modal usaha dengan setoran yang dapat dijaminkan berdasarkan kepemilikan saham-saham.
Pemilihan PT juga diharapkan agar tidak ada kepemilikan nama yang sama pada perusahaan lain, karena saat membuat nama PT harus dipesan terlebih dahulu pada Menteri Hukum dan HAM dengan pengecekan agar tidak sama dengan nama dan merek yang sudah ada. Pemilihan PT juga bertujuan untuk mempermudah penanggungjawaban perusahaan serta dalam legalitas hukum yang jelas bagi perusahaan. PT. CAB Intertech adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dengan memberikan jasa pembuatan software yang digunakan untuk pencarian, pemesanan dan pemilihan khususnya untuk reparasi kendaraan melalui suatu aplikasi yang cepat, user friendly, dan open source.
Seperti diketahui lalulintas di kota Jakarta serta kota besar lainnya sulit diprediksi, kemacetan serta antrian di bengkel membuat waktu Anda terbuang. Atas dasar itu, sejumlah APM (Agen Pemegang Merek) mulai melirik aplikasi booking service yang bisa memudahkan konsumen dalam melakukan perawatan berkala kendaraannya.
Dua alasan yang menjadi jawaban mengapa aplikasi booking home service dibutuhkan. Pertama adalah soal tren, yang di era digital menjadikan sesuatu yang awalnya dianggap ribet kini menjadi praktis. Kedua adalah need atau kebutuhan akan jasa servis demi mengoptimalkan kondisi kendaraan. Dengan begitu, waktu menjadi efisien. Yang kita tau semua bahwa ada kata-kata Time is money!

Visi Perusahaan
Menjadi sebuah perusahaan software development yang selalu berinovasi tinggi dalam bidang Digital Service Engine di Indonesia maupun Internasional..

Misi Perusahaan
Menciptakan software-software baru yang memiliki teknologi lebih maju melampaui teknologi yang ada, serta mewujudkan semua kemudahan bagi pengguna dalam memenuhi kebutuhan dalam bidang otomotif dengan aplikasi yang sangat user friendly dan dinamis.

Layanan CAB Intertech
·      Website Development
·      Software Development
·      mobile Development

Aspek Pemasaran
            Apek pemasaran merupakan faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan PT. CAB Intertech khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama berdampingan dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan diperhatikan sebelum usaha dimulai.
            Analisis aspek pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.


Ditinjau dari segi pemasaran, dapun  aspe pasar dan pemasaran yang dipergunakan pada PT. CAB Intertech adalah :
-        Spesifikasi Produk
-        Segmentasi Pasar
-        Analisa dan Peramalan Permintaan
-        Analisa Pesaing
-        Penentuan Harga Jual
-        Promosi
-        Negosiasi
-        Distribusi

Produk CAB Intertech
            PT. CAB Intertech mengeluarkan dua produk dalam platform aplikasi yang berjalan dengan sistem operasi Android maupun IOS serta Website  otomotif. Kedua aplikasi ini masing-masing memiliki fungsi yang berbeda namun tetap dalam konsep pemasaran serta perbaikan kendaraan. Berikut ini produk-produk dari PT. CAB Intertech: 

·      CABBAS
Car And Bike Buy And Sale (CABBAS) merupakan sebuah aplikasi penjualan kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk  jual beli mobil dan motor bekas maupun baru. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para pembeli untuk mencari kendaraan yang diinginkan tanpa harus susah payah turun langsung ke lokasi guna mencari kendaraan yang ingin dibelinya. Aplikasi ini dibuat untuk menjembatani antara penjual dan pembeli dalam hal pencarian kendaraan dengan banyak fitur yang dapat memberikan kemudahan pencarian bagi pembeli maupun kemudahan pengiklanan kendaraan bagi penjual. Beberapa fitur dan keuntungan yang terdapat dalam aplikasi CABBAS ini adalah:
-     Menyediakan pilihan pencarian untuk menemukan mobil/sepeda motor baru berdasar kebutuhan Anda.
-     Search By, anda dapat secara mudah mencari baik berdasarkan merek ataupun harga.
-     Sort By, pilihan pencarian dapat juga disortir berdasarkan otomotif Yang Akan Hadir, Terbaru, dan Populer di Indonesia.
-     Review, memberi akses dalam melihat ulasan dari pakar otomotif.
-     Berita, menyediakan informasi terbaru, termasuk peluncuran mobil/sepeda motor terbaru, upgrade atau update, perubahan harga, dan semua kabar terbaru dari industri otomotif.
-     Pembiayaan, membiarkan Anda menghitung cicilan bulanan Anda lewat kalkulator pinjaman dengan memilih harga kendaraan, jumlah pinjaman, serta suku bunga.
-     Temukan Diler, Mencari merek yang Anda inginkan di kota Anda dan mendapat informasi mengenai semua diler di daerah Anda.

·      CABS
Car And Bike Service (CABS) merupakan sebuah aplikasi home service yang mengedepankan layanan service kendaraan secara fleksibel, karena dengan aplikasi ini para pelanggan dapat dengan mudah melakukan perbaikan kendaraannya dirumah dengan fitur home service, ataupun pelanggan dapat mencari bengkel-bengkel rekomendasi disekitar wilayahnya tanpa harus takut dengan kualitas pengerjaan dari bengkel-bengkel yang terdaftar pada aplikasi CABS. Pelanggan juga dimudahkan dengan fitur-fitur yang ada. Beberapa fitur dan keuntungan yang terdapat dalam aplikasi CABBAS ini adalah:
-        Pelanggan dapat melakukan reservasi dan pemesanan kapanpun dan dimanapun
-        Galeri, menampilkan foto dan detil layanan andalan CABS.
-        Layanan Kami, menampilkan layanan, jam kerja atau apapun yang ingin anda tampilkan.
-        Promotion, menampilkan informasi promo dari bengkel, showroom atau layanan yang ada.
-        Booking Service, untuk melakukan reservasi dan menentukan jadwal service anda secara realtime.
-        Contact, memberikan informasi kontak dari bengkel-bengkel rekanan dan customer service yang bisa dihubungi
-        Home Care Service, untuk melakukan service di rumah (pihak kami akan mengirimkan montir yang berkualitas ke rumah anda).

Strategi Pemasaran Produk
            Strategi pemasaran produk yang dilakukan untuk mendongkrak kenaikan fluktuasi pasar dalam menunjang tercapainya target pemasaran dan penjualan yang tinggi, dapat diperoleh dengan menggunakan beberapa metode pemasaran berikut ini:
-        Melakukan pemasangan iklan produk pada AdMob
-        Submit ke beberapa App Directory / App Review
-        Melakukan pengembangan mobile aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam segala sector
-        Menerapkan SEO dan SEM serta Content Marketing
-        Melakukan pendekatan langsung kepada perusahaan potensial
-        Fokus dalam penentuan segmentasi pasar

Struktur Organisasi
            Dalam PT. CAB Intertech diterapkan struktural organisasi Lini dan Staff, penggunaan struktur organisasi ini bertujuan untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi pada PT. CAB Intertech, dimana seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran, nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan.




Deskripsi Founder dan Pembagian Tugas Divisi
            Pembagian tugas yang jelas pada tiap divisi yang terdapat dalam struktur organisasi PT. CAB Intertech sangat membantu dalam terstrukturnya setiap pekerjaan yang berlangsung. Berikut ini deskripsi tugas dari tiap-tiap divisi yang ada:

Profile Founder:
            Muhammad Rizkiansyah                                            Tedy Pratomo
            CEO (Chief Executive Officer)                                  CFO (Chief Financial Officer)

            Henry Tria Hadityas                                                   Mohammad Furqon
            COO (Chief Operating Officer)                                 CTO (Chief Technology Officer)

Deskripsi Tugas:
No
Divisi
Jumlah
Karyawan
Tugas


1
CEO
(Chief Executive Officer)

1
-      Melakukan perekrutan dan memotivasi team
-      Menjalin hubungan bisnis dengan investor
-      Merancang dan mengatur anggaran
-      Menentukan strategi binis perusahaan


2
CTO
(Chief Technology Officer)
1
-      Mengelola pengembangan produk
-      Melakukan pemilihan, pengadopsian, dan pengimplementasian teknologi yang sesuai dengan produk yang dikembangkan
-      Melakukan riset teknologi terbaru


3
CFO
(Chief Financial Officer)

1
-      Merancang strategi penggalangan dana ke investor
-      Merumuskan dan mengatur laporan kesehatan keuangan perusahaan
-      Ikut melakukan pengambilan keputusan dalam pengembangan SDM dalam hal penggajian, perekrutan dan pemecatan karyawan serta keputusan akuisisi



4

CMO
(Chief Marketing Officer)



1
-      Melakukan kampanye kehumasan
-      Melakukan riset pasar dan penerapan setrategi pemasaran yang paling cocok bagi perusahaan
-      Meningkatkan citra perusahaan untuk mendongkrak pemasaran dan menarik perhatian dan modal dari investor


5

COO
(Chief Operating Officer)


1
-      Mengatur perusahaan
-      Menjadi penjembatan antara karyawan dan CEO
-      Melakukan pengaturan dan pengelolaan bisnis inti



6



Manager Bidang IT



2
-      Mengkoordinir serta mengelola pendayagunaan software, hardware, brainware dan jaringan untuk mencapai kinerja yang opimal
-      Mengembangkan serta menyusun strategi dan perencanaan IT untuk mempermudah pekerjaan dalam pelayanan ke pelanggan

7

Manager Keuangan

2
-      Melakukan system pencatatan keuangan
-      Melakukan koordinasi perencanaan anggaran
-      Mengaudit anggaran dan menerima laporan uang kas keluar dan masuk di perusahaan


8


Manager HRD


2
-      Memimpin serta memantau departemen demi terwujudnya kemampuan yang maksimal dari SDM yang ada
-      Membimbing dan memberikan orientasi serta pengarahan awal kepada karyawan
-      Mengurus segala hal yang berhubungan dengan karyawan


9


Manager Pemasaran


2
-      Melatih, menetapkan dan mengevaluasi karyawan pada bagian front office
-      Menjaga keefektifan strategi pemasaran
-      Menciptakan dan menjaga kerja sama yang baik dengan konsumen


10


Manager Operasional


2
-      Meningkatkan sistem operasional pada tahap proses serta kebijakan dalam mendukung visi dan misi perusahaan
-      Mengkoordinir semua bengkel rekanan
-      Menjalankan program jaminan kualitas

11

Karyawan IT

10
-      Bertanggungjawab terhadap program
-      Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manager IT dibidang programing


12


Customer Service


3
-      Melayani keluhan dan memberikan hal yang menyangkut informasi kepada klien
-      Membina hubungan baik dengan klien sehingga klien merasa puas dengan pelayanan yang ada
-      Membantu klien dengan sopan


13


Office Boy


3
-      Melakukan perawatan dan menjaga kebersihan kantor
-      Menyiapkan kebutuhan karyawan
-      Mendistribusikan setiap surat yang masuk ke departemen yang bersangkutan


14


Security


2
-      Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja
-      Menegakkan tata tertib dalam area kerja
-      Mengawasi hal-hal yang mencurigakan diluar maupun internal tempat tugas



15



Sekertaris



5
-      Mengatur aktivitas perusahaan dari segi administrasi sampai human relation (HR)
-      Menjadi perantara setiap pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan perusahaan
-      Memberikan pemikiran serta ide-ide sebagai alternative pemikiran pimpinan
-      Membantu mengatur penjadwalan kegiatan para pimpinan perusahaan




16




Karyawan Akuntansi




10
-      Menyusun laporan keuangan dan perpajakan perusahaan
-      Menyusun anggaran pengeluaran dan pendapatan perusahaan
-      Melakukan pembayaran gaji karyawan
-      Membuat surat-surat yang berhubungan dengan keuangan perusahaan
-      Menjaga dan melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan

17

Karyawan Administrasi

10
-      Membuat agenda perusahaan
-      Melakukan entri data
-      Melakukan pengarsipan data perusahaan



18



Karyawan Pemasaran



10
-      Bertanggungjawab dalam membangun dan menyelenggarakan strategi pemasaran untuk memenuhi objektifitas pemasaran
-      Melakukan pengkajian pasar untuk menganalisa produk yang memiliki nilai potensial dipasaran
-      Melakukan promosi dan kampanye pemasaran produk
19
Bengkel Rekanan

-      Melakukan pengerjaan service kendaraan pelanggan

Sistem Penggajian
            Sistem yang digunakan di PT. Persada adalah sistem gaji/upah bulanan (30 hari) berdasar kan dari absent dan lembur. Sistem penggajian ini cukup efektif disbanding system penggajian yang lain. Sistem gaji/upah adalah sistem gaji/upah bersih dalam bentuk uang tanpa ada bentuk natura. Standar gaji/upah diatur dan ditetapkan, minimum sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku dengan peninjauan gaji/upah dilaksanakan 1(satu) tahun sekali diluar ketentuan pemerintah. Dalam PT. CAB Intertech skema pembayaran gaji karyawan dalam gambaran diagram skema pembayaran gaji berikut: 


Keterangan:
-        Batas waktu penerimaan absensi dan lembur untuk bulan sebelum bulan N
-    Pembayaran upah (gaji pokok+uang transport) pada bulan N, pembayaran bantuan uang makan dan uang lembur bulan sebelum bulan N.
-        Batas waktu penerimaan absensi penerimaan absensi dan lembur untuk bulan N
-        Pembayaran upah (gaji pokok+uang transport) untuk bulan N+1, pembayaran bantuan uang makan dan uang lembur bulan N.
Pembayaran upah/gaji diberikan setiap akhir bulan yaitu pada tanggal 25 ditiap bulannya. Pada awal bulan yaitu pada tanggal 5 adalah batas akhir karyawan untuk menyerahkan absensi dan lembur untuk absensi dan lembur pada bulan sebelumnya ke administrasi  setelah itu terjadi perhitungan dan selanjutnya diserahkan kepada karyawan akuntansi untuk membayarkan gaji/upah para karyawan. Pembayaran gaji/upah karyawan melalui transfer ke rekening masing-masing karyawan. Maka dari itu setiap karyawan diwajibkan memiliki nomor rekening sendiri yang akan digunakan untuk transaksi pembayaran upah, bantuan uang makan, upah lembur dan pembayaran-­pembayaran lainnya yang menjadi hak karyawan. Gaji yang diterima pada tanggal 25 berupa upah yaitu yang terdiri dari gaji pokok + tunjangan transport, dan juga pembayaran uang makan dan lembur untuk bulan sebelumnya.

Daftar Gaji:



Aspek Keuangan
            Untuk memenuhi kebutuhan investasi PT. CAB Intertech, modal yang digunkan diperoleh dari berbagai sumber dana yang ada. Penggunaan masing-masing modal memiliki keuntungan dan kerugian. Hal ini dapat dilihat dari segi biaya, waktu, persyaratan untuk memperolehnya, dan jumlah yang dapat dipenuhi. Masalah yang perlu memperoleh perhatian berkaitan dengan perolehan modal adalah masa pengembalian modal dalam jangka waktu tertentu.           
            Estimasi keuntungan diperoleh dari selisih  pendapatan dengan biaya dalam suatu periode tertentu. Besar kecilnya keuntungan sangat berperan dalam pengembalian dana PT. CAB Intertech. Oleh karena itu, perlu dibuatkan estimasi pendapatan dan biaya sebelum usaha dijalankan. Semua itu tentunya menggunakan asumsi-asumsi tertentu yang akhirnyaa akan dituangkan dalam aliran kas (cash flow) perusahaan selama periode usaha.
            Dengan dibuatnya aliran kas perusahaan, kemudian dinilai kelayakan investasi tersebut melalui kriteria kelayakan investasi. Tujuannya adalah untuk menilai apakah investasi ini layak atau tidak dijalankan dilihat dari aspek keuangan. Alat ukur untuk menentukan kelayakan suatu usaha berdasarkan kriteria investasi dapat dilakukan melalui pendekatan payback Periode (PP), Average Rate of Return (ARR), Net Present Value (NPV), Iternal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI), dan Break Event Point.
Keterangan modal awal perusahaan:

Modal Sendiri             : Rp 1.800.000.000,00
Modal Pinjaman          : Rp 400.000.000,00       +
Total Modal Awal       : Rp 2.200.000.000,00

Modal Investasi:
·      Biaya Awal Sebelum Beroprasi
1.      Izin-izin pengajuan perusahaan
-        Pengajuan nama perusahaan                            : Rp 200.000,00
-        Izin badan hukum dan PNBP                         : Rp 1.000.000,00
-        Akta perusahaan dari notaris                           : Rp 1.000.000,00
-        SIUP, TDP dan BPJS                                     : Rp 0,00
-        BPJS Ketenagakerjaan                                    : Rp 0,00
-        Pendaftaran di Dinas Ketenagakerjaan           : Rp 0,00
-        Lain-lain                                                          : Rp 1.000.000,00       +
Total biaya sebelum beroprasi                         : Rp 3.200.000,00

2.      Harta Tetap
-          ATK                                        : Rp 7.500.000,00
-          Lemari                                     : Rp 34.600.000,00
-          Meja & Kursi                           : Rp 18.000.000,00
-          25 PC                                      : Rp 375.000.000,00
-          20 Laptop (ROG G550JX)     : Rp 317.800.000,00
-          5 Printer (EPSON M200)        : Rp 12.500.000,00
-          5 Handphone (Android)         : Rp 17.500.000,00
-          10 AC                                      : Rp 32.000.000,00
-          10 Telepon                               : Rp 750.000,00
-          Set peralatan pantry                : Rp 20.800.000,00
-          1 Mesin Fotocopy                   : Rp 42.750.000,00
(Fuji Xerox DC SC2020)                                                       +
Total harta tetap                      : Rp 878.400.000,00

·      Kebutuhan modal investasi awal PT. CAB Intertech berdasarkan perhitungan ( Harga Tetap + Izin-izin ) adalah : Rp 884.800.000,00

Modal Kerja Perbulan :
·      Pengeluaran Biaya Tetap Tiap Bulan
1.      Biaya Umum
-        Sewa Kantor                           : Rp 35.000.000,00
-        Tagihan Listrik                        : Rp 3.500.000,00
-        Tagihan Air PDAM                 : Rp 2.500.000,00
-        Tagihan Telfon                        : Rp 4.000.000,00
-        Tagihan Internet                      : Rp 5.000.000,00
2.      Biaya Software
-        Lisensi Software                     : Rp 5.499.000,00
3.      Biaya Pemasaran
-        Promosi, dll                             : Rp 12.350.000,00
4.      Biaya Penunjang
-        Hosting, Domain & Server      : Rp 2.700.000,00
-        Maintenance Server &             : Rp 3.350.000,00
Website                                  
5.      Biaya Penggajian
-        Gaji (Pimpnan, Staff &           : Rp 97.670.000,00
Karyawan)                                                                        +
Total kebutuhan modal kerja          : Rp 207.569.000,00

Untuk menjaga kelancaran usaha dan menghindari terhambatnya perputaran modal, maka modal kerja yang dibutuhkan perbulannya akan dihitung selama 3 bulan, sehingga perhitungan kebutuhan modal kerja menjadi :
-        (kebutuhan modal kerja perbulan x 3 bulan) : Rp 207.569.000,00
                                                                                                     3     x
                                                                         Rp 622.707.000,00

Kebutuhan Total Modal:
Maka estimasi kebutuhan total modal awal yang harus dipenuhi perusahaan saat awal memulai usaha adalah dengan menghitung Total Modal Investasi ditambahkan dengan Modal Kerja yang telah dihitung per 3 bulan:
-        Total Modal Investasi             : Rp 884.800.000,00
-        Modal Kerja (per 3 bulan)       : Rp 622.707.000,00        +
Total Modal yang dibutuhkan : Rp 1.507.507.000,00

Pendekatan umum yang dilakukan dapat dijadikan alat ukur untuk menentukan kelayakan aspek keuangan dalam menunjang kelanjutan usaha berdasarkan kriteria investasi melalui beberapa point berikut:

  • Net Present Value (NPV)
Perhitungan perbandingan antara PV kas bersih dengan PV investasi selama umur investasi.
NPV = Total PV kas bersih – PV investasi
-      Rp 2.400.000.000,00
-      Rp 1.507.507.000,00
-      Rp 0,00 (karena perusahaan baru didirikan)         -
            Perhitungan NPV: Rp 492.493.000,00

  • Break Event Point (BEP)
            Perkiraan bahwa perusahaan akan mendapatkan tender dari 3 perusahaan client dalam       periode waktu satu tahun.Target perusahaan mendapatkan minimal 3 buah perusahaan        client dan perusahaan menargetkan bahwa biaya atau pendapatan  bersih pembuatan         software yang didapat sebesar Rp 100.000.000,00 /proyek.

            BEP = Biaya Tetap – Harga per unit
-        Rp 207.569.000,00
-        Rp 100.000.000,00           -
            Perhitungan BEP:  Rp 107.569.000,00

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Facebook bagi kalangan pelajar